5 Makanan Sehat untuk Membantu Proses Pembentukan Otot Tubuh Lebih Cepat - Seroz Media

5 Makanan Sehat untuk Membantu Proses Pembentukan Otot Tubuh Lebih Cepat

membentuk otot tubuh

Bagi sebagian pria, membentuk otot tubuh bukanlah perkara mudah. Perlu adanya latihan otot yang serius dan pola makan yang sehat guna mencapai hasil yang maksimal.

Namun untuk mendapatkan massa otot yang diinginkan tidak bisa dilakukan hanya dengan berolahraga. Asupan makanan yang masuk kedalam tubuh juga perlu diperhatikan.

Sebelum membentuk otot dada, perut, dan lengan, Anda harus mengurangi asupan lemak dalam tubuh terlebih dahulu. Beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari saat sedang membentuk tubuh yaitu gorengan dan minuman bersoda yang sudah pasti tidak sehat.

Nutrisi yang dibutuhkan untuk membangun massa otot adalah protein, magnesium, kalsium, potasium, tembaga, zat besi, dan berbagai vitamin. Berikut adalah beberapa daftar makanan yang baik dikonsumsi saat sedang membentuk otot tubuh. Tentunya makanan-makanan ini dapat membantu proses pembentukan otot menjadi lebih cepat dan efisien.

Baca Juga: Makanan Sehat untuk Meningkatkan Air Susu Ibu

1. Telur

Putih dan kuning telur sama-sama bermanfaat dalam membantu proses pembentukan otot tubuh. Putih telur merupakan makanan yang kaya akan protein sedangkan kuning telur adalah sumber vitamin. Semua nutrisi dalam telur berguna untuk mempercapat metabolime dalam tubuh Anda, dimana lemak akan diubah menjadi energi.

Cara mengonsumsi telur dapat dilakukan dengan cara direbus sebanyak 1 sampai 2 butir telur per hari.

2. Susu

Susu memiliki kandungan dua protein yang bagus untuk pembentukan otot tubuh yaitu protein whey dan kasein. Protein whey dapat dengan cepat dipecah menjadi asam amino dan kemudian diserap kedalam aliran darah. Sedangkan protein kasein dicerna secara perlahan sehingga memberikan pasokan protein untuk waktu yang lama.

Minum segelas susu setelah berolahraga dipercaya baik untuk perkembangan massa otot tubuh.

3. Bayam

Bayam merupakan salah satu makanan tanpa lemak yang baik untuk dikonsumsi untuk mempercepat pembentukan otot. Bayam dipercaya mampu meningkatkan pertumbuhan otot sampai 20 persen. Selain itu, bayam juga dapat mencegah kram ketika otot sedang dilatih atau dibentuk dengan intensitas cukup tinggi.

Bayam dapat dikonsumsi dengan cara dibuat jus ataupun dibuat salad.

4. Ubi jalar

Ubi jalar mengandung serat, kalium, dan vitamin yang tinggi. Serat sangat baik untuk membantu proses pencernaan dan dapat membantu mengendalikan nafsu makan seseorang. Selain itu ,serat juga memiliki fungsi untuk membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh. Ibu jalar juga mengandung zat besi, vitamin B6, C, D, E, magnesium, dan tembaga.

Ubi jalar baik dikonsumsi dengan cara dibakar dan dimakan setelah melakukan olahraga yang cukup berat.

5. Quinoa

Quinoa merupakan salah satu makanan yang cukup mahal untuk dapat dikonsumsi setiap hari. Harga quinoa dengan berat 1 kilogram dapat mencapai 300 ribu rupiah. Namun harga tersebut dirasa sebanding dengan khasiat yang dimiliki oleh quinoa.

Quinoa memiliki kandungan protein yang sangat tinggi dan rendah kalori. Quinoa sangat baik dalam membantu meningkatkan massa otot dan menurunkan massa lemak sehingga sangat ideal bagi Anda yang ingin membentuk otot sekaligus diet atau menurunkan berat badan. Selain itu, protein yang terkandung dalam quinoa merupakan protein lengkap atau protein yang terdiri dari sembilan asam amino essensial.

Baca Juga: Makanan Sehat untuk Mengurangi Risiko Penyakit Alzheimer

Itulah beberapa makanan yang baik dikonsumsi ketika Anda sedang membentuk otot tubuh. Ingatlah bahwa ketika sedang berolahraga dengan intensitas yang tinggi, Anda juga perlu memperhatikan asupan air kedalam tubuh. Minumlah lebih banyak air agar terhindar dari dehidrasi. Kekurangan cairan saat berolahraga juga tidak dapat membakar lemak secara efektif.

Jangan lupa bagikan artikel ini ya!

Berikan pendapatmu tentang artikel ini

Notification
Ini adalah popup notifikasi.
Done