Daftar Menu Makanan Sehat Penekan Nafsu Makan, Solusi Ampuh Turunkan Berat Badan - Seroz Media

Daftar Menu Makanan Sehat Penekan Nafsu Makan, Solusi Ampuh Turunkan Berat Badan


Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satunya adalah dengan menjaga pola makan. Terlalu banyak mengonsumsi makan tidak akan baik bagi tubuh. Banyak risiko yang dapat terjadi, termasuk obesitas atau kelebihan berat badan.

Tentu memiliki berat badan berlebih menjadi kendala bagi setiap orang. Selain penampilan, aktivitas sehari-hari juga dapat terganggu. Mudah lelah akan membuat semua kegiatan menjadi berat bagi Anda.

Nafsu makan merupakan fenomena psikologis yang dapat berubah-ubah. Adakalanya seseorang memiliki nafsu makan yang tinggi, adakalanya juga nafsu makannya berkurang.

Banyak faktor yang dapat memengaruhi nafsu makan setiap individu. Gaya hidup, perubahan suasana hati, serta stres sering dikaitkan dengan fenomena tersebut.

Nafsu makan yang meningkat dapat berlangsung berhari-hari, tergantung penyebabnya. Hal itu akan merubah kebiasaan makan seseorang, apabila berkelanjutan, bukan tidak mungkin berat badan dapat meningkat drastis. Sehingga dapat menimbulkan banyak masalah kesehatan.

Oleh karena itu, perlu solusi ampuh untuk mengurangi nafsu makan tersebut. Berikut beberapa hal yang mungkin akan membantu Anda dalam menekan nafsu makan.

Hindari Makanan Pedas

Makanan pedas masih dianggap sebagai cara meningkatkan nafsu makan seseorang. Tetapi beberapa penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi makanan pedas justru dapat menekan nafsu makan.

Namun penelitian tersebut hanya dilakukan dalam skala kecil. Jadi bagi Anda yang masih merasa makanan pedas dapat meningkatkan nafsu makan, ada baiknya untuk mengurangi atau bahkan menghindarinya.

Minum Sebelum Makan

Minum satu gelas air sebelum makan dipercaya dapat menekan nafsu makan. Hal ini akan meningkatkan rasa kenyang setelah menghabiskan makan. Sehingga dapat mengurangi keinginan ngemil setelah makan.

Menyibukkan Diri

Salah satu hal yang sering menyebabkan seseorang ingin makan terus adalah rasa bosan. Dengan menyibukkan diri, Anda dapat meminimalisir keinginan untuk makan. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk menyibukkan diri. Bisa berolahraga seperti jogging dan membentuk otot tubuh ataupun menyusun daftar tugas yang ingin Anda kerjakan.


Ada banya strategi yang bisa dilakukan untuk menjaga nafsu makan. Beberapa diantaranya adalah dengan mengganti menu makan Anda. Masukan menu berikut setiap hari agar nafsu makan Anda dapat berkurang.
menurunkan berat badan

1. Telur

Telur memiliki kandungan protein cukup tinggi yang dapat memberikan efek mengenyangkan. Selain itu, protein berkualitas pada telur bisa memberikan energi lebih banyak pada tubuh.

Menurut sebuah penelitian, mereka yang sarapan dengan 1-2 buah telur di pagi hari akan mengurangi rasa lapar saat makan siang dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi sereal.

Ada baiknya untuk mengonsumsi telur rebus daripada telur ceplok atau dadar. Dianjurkan pula untuk lebih banyak mengonsums putih telur dibandingkan kuning telurnya. Hal ini dikarenakan outih telur bebas kolestrol dan rendah kalori. Sedangkan kuning telur mengandung banyak lemak jenuh dan kolestrol.

2. Apel

Apel merupakan buah yang kaya akan serat, sedikit kalori serta kandungan air yang tinggi. Buah apel juga mengandung pektin yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Apel adalah camilan yang ideal dimakan di waktu pagi ataupun sore hari. Sebagai info tambahan, memakan apel dengan kulitnya lebih baik ketimbang dengan dikupas.

3. Alpukat

Buah lainnya yang dapat membantu menekan nafsu makan adalah alpukat. Alpukat memiliki kandungan asam lemak tak jenuh tunggal yang bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Sebuah penelitian terbaru di Albert Einstein College of Medicine di Yeshiva University di New York menemukan bahwa asam oleat dalam alpukat juga membantu menekan nafsu makan dan berkontribusi menurunkan berat badan.

Walaupun demikian, alpukat tergolong sebagai buah yang tinggi kalori dan lemak. Jadi ada baiknya untuk tetap mengonsumsi buah yang satu ini secara tidak berlebihan.

4. Sayuran-sayuran hijau

Deretan sayuran-sayuran berdaun hijau yang baik dikonsumsi untuk mempercepat menurunkan berat badan adalah bayam, sawi, kangkung, asparagus, dan green salad.

Makanan berdaun hijau memiliki kandungan serat dan air yang cukup tinggi, sehingga sangat bermanfaat untuk menekan rasa lapar. Serat akan memperlancar percernaan dan kandungan air dalam sayuran akan memberikan rasa kenyang. Selain itu, sayuran juga rendah kalori. Apabila dikonsumsi setiap hari akan membantu proses penurunan berat badan secara optimal.

5. Kacang Almond

Kacang almond merupakan sumber lemak yang sehat. Hal ini dikarenakan, kandungan lemak yang dimilikinya berupa lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal. Lemak sehat ini juga dapat menjaga kolesterol Anda tetap rendah. Sehingga sangat baik apabila dijadikan sebagai menu penekan nafsu makan. Konsumsi almond secukupnya untuk merasakan manfaat dan menjaga tubuh Anda di berat yang ideal.

6. Teh Hijau

Selain makanan, minuman bisa juga dijadikan sebagai menu penekan nafsu makan. Salah satunya adalah teh hijau, minuman yang bisa disajikan panas maupun dingin ini memiliki manfaat yang cukup banyak.

Minuman ini dipercaya dapat mengurangi rasa lapar karena mengandung fitonutrien yang bertangung jawab meningkatkan hormon kolesistokinin.

Minum teh hijau sekitar tiga sampai empat gelas sehari akan mengendalikan nafsu makan berlebih serta mempercepat penurunan berat badan.

Baca Juga: 5 Restoran Unik dengan Lokasi yang Tidak Masuk Akal, Nomor 3 di Kuburan

Itulah daftar lengkap menu terbaik yang dapat dikonsumsi untuk menekan nafsu makan. Hasil yang diinginkan dari menekan nafsu makan adalah tubuh yang tidak berlemak atau bergelambir.

Jadi saat Anda mulai mengalami perubahan nafsu makan, ingatlah bahwa kesehatan tubuh menjadi nomor satu. Sehingga motivasi dalam menjaga nafsu makan dapat tetap terjaga.

Jangan lupa bagikan artikel ini ya!

Berikan pendapatmu tentang artikel ini

Notification
Ini adalah popup notifikasi.
Done