10 Daftar Makanan Sehat untuk Meningkatkan Pasokan Air Susu Ibu (ASI) - Seroz Media

10 Daftar Makanan Sehat untuk Meningkatkan Pasokan Air Susu Ibu (ASI)

meningkatkan air susu ibu

Menyusui merupakan salah satu hadiah terbaik yang dapat diberikan oleh ibu baru kepada bayi. Setiap ibu yang baru memiliki bayi tentu menginginkan bayinya tetap sehat. Oleh karena itu, asi menjadi pilihan utama sebagai asupan si bayi.

ASI sangat bergizi untuk bayi, dengan kandungan lemak, gula, protein, dan air yang seimbang sangat baik untuk perkembangan fisik dan mental bayi.

Menyusui juga mengurangi risiko bayi terkena berbagai penyakit seperti asma atau penyakit pernapasan, alergi, dan infeksi telinga yang sering terjadi pada bayi. Selain itu perkembangan ikatan emosional si bayi dan si ibu akan terjalin sangat baik.

Manfaat tidak hanya datang pada bayi, ibu menyusui pun dapat memiliki manfaat. Beberapa diantaranya adalah mengurangi risiko kanker payudara, penyakit kardiovaskular, dan rheumatoid arthritis.

Sayangnya, banyak pula ibu yang memilih untuk tidak memberikan asi eksklusif karena beberapa alasan. Mulai dari asi tak cukup, ibu bekerja, bentuk payudara berubah, bahkan kepercayaan bayi tetap tumbuh sehat dengan susu formula.

Walaupun demikian anjuran untuk menyusui tetap harus dilakukan ibu kepada bayi. Tidak perlu ragu apabila asi tidak cukup karena beberapa makanan berikut ini akan membantu meningkatkan kualitas dan suplai asi. Berikut makanan yang dapat meningkatkan pasokan air susu ibu.

1. Oatmeal

Oatmeal dapat membantu ibu menyusui dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas asi mereka. Oatmeal bermanfaat untuk merangsang produksi oksitosin atau hormon yang berperan dalam proses melahirkan dan melancarkan keluarnya air susu ibu.

Hormon oksitosin juga biasa disebut hormon cinta karena terkait dengan kasih sayang atau hubungan emosional.

Semangkuk oatmel cukup untuk memenuhi kebutuhan hormon oksitosin si ibu. Cara mengonsumsinya cukup mudah dengan sedikit menambahkan madu untuk menambah rasa menjadi lebih mans dan nikmat.

2. Beras Merah

Makanan super selanjutnya yang dapat membantu produksi asi adalah beras merah. Beras merah lebih baik daripada nasi putih karena kandungan serat dan nutrisi yang tinggi. Asupan beras merah secara teratur dipercaya mampu meningkatkan kekebalan tubuh ibu yang sedang menyusui.

3. Bayam

Bayam memikili knadungan vitamin dan antioksidan yang baik untuk tubuh kembang bayi. Ibu yang mengonsumsi bayam dan sayuran dapat memiliki asi yang sehat. Antioksidan dapat meningkatkan kekebalan tubuh si bayi. Selain itu, bayam juga bermanfaat bagi ibu yang mengalami kehilangan banyak darah selama persalinan.

Cara yang baik mengonsumsi bayam untuk ibu sedang menyusui adalah dengan cara direbus sampai matang.

4. Wortel

Wanita yang sedang mengalami masa menyusui sangat membutuhkan makanan yang kaya akan vitamin A. Wortel termasuk sayuran yang memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Tidak kekurangan vitamin A dapat membantu perkembangan janin dan bayi tetap sehat.

5. Telur

Telur kaya akan protein, lutein, vitamin B12 dan D, riboflavin, folat, dan kolin. Asupan kolin selama ibu menyusui dipercaya mampu menghasilkan asi yang berkualitas. Pertumbuhan dan perkembangan struktur organ penting bayi di masa depan akan baik.

Banyak cara yang dapat dilakukan dalam mengonsumsi telur untuk ibu hamil dan menyusui. Mulai dari di rebus, dadar, dan salad.

6. Jeruk

Kandungan vitamin C yang tinggi dari jeruk baik untuk pasokan air susu ibu. Vitamin C yang terdapat dalam asi dipercaya berasal dari asupan vitamin C dari ibu. Selain itu, jeruk juga memiliki kandungan nutrisi lain yang baik bagi tubuh seperti vitamin A dan B, kalsium, magnesium, kalium, dan fosfor. Nutrisi tersebut baik untuk memulihkan berat badan ibu setelah melahirkan.

Mengonsumsi jeruk dapat dilakukan dengan meminum jus jeruk 1-2 gelas per hari.

7. Minyak kelapa

Kandungan asam lemak omega-3 pada minyak kelapa dipercaya mampu membantu produksi hormon yang beperan dalam produksi asi. Faktanya asam lemak dapat membuat air susu ibu lebih berkualitas dan bergizi. Setidaknya 1-3 sendok makan minyak kelapa dapat dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui.

8. Ikan salmon

Menu hidangan salmon juga perlu dimasukan dalam daftar makanan untuk ibu hamil dan menyusui. Sama halnya dengan minyak kelapa, ikan salmon memiliki kandungan asam lemak omega-3. Mengonsumsi salmon di masa kehamilan dipercaya mampu meningkatkan kualiatas asi di awal menyusui.

9. Fenugreek atau kelabat

Fenugreek atau kelabat merupakan buah yang cukup asing didengar di Indonesia. Manfaat dari buah kelabat sangat baik untuk wanita termasuk wanita yang baru melahirkan. Mengonsumsi kelabat dapat menambah produksi air susu ibu. Selain itu, masalah-masalah ibu baru melahirkan seperti perut kembung dan sakit tubuh dapat teratasi.

Cara mengonsumsi fenugreek atau kelabat dapat dengan cara dibuat teh. Rendam 1 sendok teh biji fenugreek dalam secangkir air selama semalam, kemudian rebus di pagi hari dan minum.

10. Kacang almond

Kacang almond dan kacang-kacang lainnya seperti walnut dan mete memiliki kandungan yang baik untuk ibu menyusui. Protein, serat, mineral, antioksidan, dan vitamin berperan bagi kesehatan ibu serta bayi yang baru lahir. Selain itu, lemak tak jenuh tunggal dalam kacang almond memiliki manfaat untuk meningkatkan pasokan asi. Namun bagi Anda yang memiliki catatan kesehatan tentang alergi kacang disarankan untuk tidak mengonsumsinya.

Nikmati kacang almond basah atau rendam (soaked almond) secukupnya setiap hari. Hindari konsumsi almond kering atau dengan rasa asin.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan asi pada ibu menyusui. Selain mengonsumsi makanan sehat, rajin memijat, mengompres, dan memompa payudara dapat membantu asi keluar lebih lancar.

Jangan lupa bagikan artikel ini ya!

Berikan pendapatmu tentang artikel ini

Notification
Ini adalah popup notifikasi.
Done