Membandingkan Berbagai Minyak Goreng, Mana yang Paling Baik? - Seroz Media

Membandingkan Berbagai Minyak Goreng, Mana yang Paling Baik?

memasak di dapur

Minyak goreng merupakan salah satu bahan utama yang harus selalu ada di dapur mengingat fungsinya sebagai bahan untuk memasak setiap hari. Hampir semua jenis makanan dapat diolah menggunakan minyak goreng. Gurih, renyah, dan menambah cita rasa menjadi alasan banyak orang mengolah makanan menggunakan minyak goreng.

Selain sebagai bahan penggorengan, minyak goreng memiliki manfaat lain yang penting untuk kegiatan sehari-hari. Berikut manfaat lain minyak goreng yang mungkin belum Anda ketahui.

Manfaat Minyak Goreng Selain Bahan untuk Memasak

1. Merawat perabotan berbahan kayu

Beredarnya cat-cat dan minyak khusus kayu menyebabkan minyak goreng digunakan sebagai opsi kedua untuk merawat perabotan kayu di rumah. Meskipun demikian minyak goreng dapat digunakan sebagai alternatif yang mudah dan murah.

Caranya juga terbilang mudah, campurkan perasan jeruk lemon dengan minyak goreng (perbandingan 1:1), kemudian oleskan menggunakan kain katun pada perabotan kayu. Hal itu dipercaya mampu mengaluskan goresan-goresan pada perabotan kayu.

2. Perangkap nyamuk

Perkembangan zaman menyebabkan cara-cara tradisional mulai ditinggalkan, termasuk dalam mengusir nyamuk. Mulai dari lotion, semprot, dan raket nyamuk menjadi pilihan utama dalam mengatasi nyamuk di rumah. Tapi tahukah Anda jika minyak goreng dapat dijadikan bahan untuk mengusir nyamuk.

Ternyata ada cara ampuh mengusir nyamuk menggunakan minyak goreng, yaitu ambil tutup panci, oleskan sedikit dengan minyak goreng (jangan terlalu banyak karena dapat menimbulkan cipratan), kemudian kibaskan tutup panci tersebut di tempat bersarangnya nyamuk seperti di bawah tempat tidur.

3. Merawat kulit dan rambut

Minyak goreng khususnya minyak kelapa dapat digunakan untuk merawat rambut dan kulit. Kelebihan minyak kelapa dari minyak lainnya adalah memiliki aroma yang khas sehingga banyak digunakan untuk memberikan aroma yang segar dan wangi.

Dalam merawat kulit, minyak kelapa dapat dioleskan secara merata dibagian kulit kering. Sedangkan untuk merawat rambut, minyak kelapa sebanyak dua sendok dapat ditambahkan kedalam air hangat untuk kemudian dipijat halus ke kepala dan rambut. Cara tersebut bermanfaat untuk menghaluskan kulit dan menghilangkan ketombe.

4. Merawat kesehatan gigi dan mulut

Selain sikat gigi, berkumur dengan obat kumur baik untuk merawat kesehatan gigi dan mulut. Harga obat kumur yang mahal menyebabkan sebagian orang tidak menggunakannya. Padahal obat kumur sangat diajurkan dalam menjaga kesehatan mulut.

Minyak kelapa memiliki kandungan yang mampu menghilangkan bakteri sehingga bisa dijadikan sebagai solusi obat kumur yang mahal. Campurkan minyak kelapa sebanyak satu sendok dengan air untuk setiap satu kali berkumur.

Baca Juga: Tidak Ingin Mengalami Mimpi Buruk, Jangan Konsumsi Makanan Ini Sebelum Tidur

Membandingkan berbagai minyak goreng dan menentukan yang paling baik atau sehat

minyak goreng

Banyak sekali bahan makanan yang diolah menggunakan minyak goreng. Mulai dari daging, makanan berbahan tepung, serta makanan laut banyak yang diolah di atas penggorengan. Sayangnya terlalu banyak mengonsumsi makanan yang digoreng tidak selalu baik untuk tubuh. Terlebih saat Anda sedang ingin meningkatkan massa otot tubuh.

Minyak goreng memiliki peran besar dalam kesehatan keluarga sehingga memilihnya menjadi tepat untuk dilakukan. Dalam memudahkan Anda dalam memilih minyak goreng terbaik, berikut urutan dari yang terbaik hingga terburuk minyak-minyak tersebut.

1. Kandungan minyak biji rami

Minyak biji rami merupakan minyak yang terbaik untuk digunakan. Dengan kandungan asam lemak omega-3, minyak ini dapat mengontrol tekanan darah. Selain itu, adapula lemak tak jenuh tunggal yang memungkinkan untuk mengurangi kolesterol.

2. Kandungan minyak wijen

Minyak wijen dipercaya mampu mengurangi kadar kolesterol, hal ini dikarenakan minyak wijen mengandung lemak tak jenuh tunggal dan antioksidan. Minyak wijen juga memiliki titik didih yang tinggi yaitu mencapai 410 derajat Fahrenheit sehingga lebih cocok untuk memasak pada suhu yang tinggi.

3. Kandungan minyak alpukat

Minyak alpukat mengandung asam oleat yang sangat tinggi fungsinya yaitu melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular. Minyak alpukat memiiki titik didh yang lebih tinggi daripada minyak wijen yaitu 520 derajat Fahrenheit.

4. Kandungan minyak zaitun

Sama halnya dengan minyak wijen, minyak zaitun mengandung antioksidan dan lemak tak jenuh tunggal. Biasanya yang digunakan sebagai minyak goreng adalah minyak zaitun reguler atau biasa sedangkan minyak zaitun extra virgin digunakan sebagai dressing.

5. Kandungan minyak bunga matahari

Minyak bunga matahari memiliki kandungan asam lemak omega-6 yang cukup tinggi yang baik untuk jantung. Minyak bungan matahari tergolong kedalam minyak yang memiliki titik didih rendah. Selain itu juga tidak memiliki lemak jenuh.

6. Kandungan minyak jagung

Minyak jagung mengandung asam lemak omega-6 dan lemak tak jenuh ganda yang bermanfaat untuk mengurangi kolesterol.

7. Kandungan minyak biji anggur

Minyak biji anggur mengandung lemak tak jenuh ganda omega-6 yang cukup tinggi. Kandungan tersebut lebih baik daripada lemak trans sehingga menggunakan lebih sering minyak biji anggur ketimbang minyak sayur dipercaya lebih sehat untuk keluarga.

8. Kandungan minyak kelapa

Lemak jenuh yang terkandung dalam minyak kepala tergolong tinggi sehingga menggunakannya secara berlebihan dapat meningkatkan kolesterol.

9. Kandungan minyak nabati

Minyak nabati atau yang lebih dikenal sebagai minyak sayur mengandung lemak trans yang kurang baik untuk digunakan terlalu sering.

Urutan tersebut berdasarkan berapa kandungan lemak jenuh, lemak tak jenuh, lemak tak jenuh tunggal, dan lemak tak jenuh ganda.

Secara umum lemak tak jenuh, lemak tak jenuh tunggal, dan lemak tak jenuh ganda lebih berkhasiat daripada lemak jenuh. Hal ini dikarenakan mereka bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, serta mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Tidur Siang yang Berkualitas

Jangan lupa bagikan artikel ini ya!

Berikan pendapatmu tentang artikel ini

Notification
Ini adalah popup notifikasi.
Done