7 Makanan Sehat untuk Membantu Tumbuh Kembang Anak - Seroz Media

7 Makanan Sehat untuk Membantu Tumbuh Kembang Anak

makanan anak

Tumbuh kembang anak menjadi salah satu bentuk perhatian orang tua terhadap anaknya. Tidak hanya kasih sayang, kebetuhan untuk kesehatan dimasa depan perlu diberikan. Tidak ingin anaknya mengalami gangguan kesehatan mental dan pertumbuhan menjadi alasannya.

Ketika anak Anda tumbuh, ia membutuhkan pasokan nutrisi yang cukup, tugas Anda sebagai orang tua adalah untuk menjaga pasokan nutrisi tersebut. Karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan serat adalah nutrisi yang dibutuhkan oleh anak. Mengingat kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan anak dengan orang dewasa berbeda, maka memilih menu makanan menjadi solusinya.

Anak-anak mengalami banyak perubahan pada beberapa tahun pertama mereka dilahirkan. Menambahnya ukuran seperti berat dan tinggi disebut proses pertumbuhan, sedangkan perubahan perilaku menuju kedewasaan biasa disebut proses perkembangan. Tentu setiap anak akan mengalami kedua proses tersebut dan orang tua juga akan ambil peran didalamnya.

Oleh karena itu, sangat penting bagi orang tua untuk memperhatikan asupan makanan pada anaknya. Memastikan semua nutrisi yang masuk kedalam tubuh anak akan menjadi investasi jangka panjang yang membantu tumbuh kembang mental dan fisik anak Anda, bahkan setelah masa remajanya berakhir.

Rangkuman beberapa pertanyaan berikut akan semakin membuat Anda paham tentang makanan-makanan yang baik untuk tumbuh kembangnya.

Makanan apa yang dapat membantu perkembangan otak anak?
Penelitian telah menunjukan bahwa nutrisi yang cukup dari zinc, zat besi, DHA, kolin, dan vitamin D baik untuk perkembangan otak. Ikan, telur, buah-buahan, sayuran adalah pilihan terbaik untuk itu.

Makanan apa yang baik untuk dikonsumsi saat sarapan?
Buah-buahan, roti gandung dengan selai kacang, dan telur goreng atau rebus adalah pilihan terbaik untuk santapan pagi anak-anak.

Untuk lebih jelasnya, berikut kita lihat rekomendasi makanan sehat yang baik untuk masa pertumbuhan dan perkembangan anak Anda.

Makanan Sehat untuk Tumbuh Kembang Anak
menu sarapan

1. Susu untuk pertumbuhan tulang dan gigi yang sehat

Susu merupakan asupan yang sangat cocok untuk anak-anak, dua mineral penting terkandung didalamnya yaitu, kalsium dan fosfor. Mineral tersebut diperlukan untuk perkembangan tulang, gigi, dan kuku yang sehat. Susu juga diperkaya dengan vitamin D, nutrisi lain yang penting untuk kesehatan tulang. Tidak hanya itu, protein, yodium, niasin, zinc, vitamin A, B2 (riboflavin), B6, dan B12.

Berikan satu hingga dua gelas susu rendah lemak atau skim sehari atau berikan yogurt atau keju apabila anak tidak menyukai susu biasa.

2. Telur untuk perkembangan fungsi otak pada anak

Telur mengandung protein yang cukup tinggi yang bagus untuk pertumbuhan anak-anak. Telur juga mengandung vitamin B yang berperan dalam perkembangan fungsi otak. Selain itu, terdapat asam lemak omega-3, vitamin D, folat, zinc, zat besi, dan selenium.

Telur dapat dikonsumsi dengan cara direbus, satu telur untuk sarapan beberapa kali seminggu cukup untuk memenuhi kebutuhan anak-anak.

3. Brokoli untuk melindungi tubuh anak dari infeksi

Brokoli merupakan salah satu sumber kalsium terbaik dari berbagai jenis sayuran lain, kalsium berperan dalam pertumbuhan tulang anak. Brokoli juga syuran yang kaya akan serat, serat baik untuk sistem pencernaan pada anak. Selain serat, brokoli juga mengandung antioksidan yang tinggi untuk mencegah tubuh dari radikal bebas.

Brokoli dapat dikonsumsi mentah dan juga dibuat jus. Apabila anak tidak menyukai brokoli mentah dan jus brokoli, Anda dapat membuat sup brokoli dengan kentang untuk memberikan variasi makanan untuk anak.

4. Ubi jalar penting untuk penglihatan anak

Ibu jalar adalah makanan yang kaya akan beta karoten dan karoten penting lainnya yang bagus untuk penglihatan anak. Selain itu, adapula kalium, folat, kalsium, zat besi, serat, dan vitamin A, C, dan E. Kebanyakan anak menyukai ibu jalar karena rasanya yang manis. Anda dapat menyajikannya dengan cara direbus, digoreng atau juga di buat keripik.

5. Sarapan sehat dengan oat

Oat dianggap sebagai menu sarapan sehat terbaik untuk anak-anak. Beberapa penelitian mengatakan bahwa anak-anak yang mengonsumsi gandum saat sarapan memiliki konsentrasi lebih baik dari yang tidak. Walaupun oat dan gandum berbeda, tetapi kandungan didalamnya sama baiknya.

6. Apel sebagai nutrisi tambahan untuk anak

Apel bisa diberikan sebagai variasi makanan untuk anak, tidak perlu diberikan setiap hari, cukup dengan beberapa buah seminggu baik untuk santapan anak Anda.

Apel mengandung berbagai nutrisi yang baik seperti serat dan potasium. Apel baik dikonsumsi bersama kulitnya, jadi tak perlu dikupas, cukup dengan cuci bersih dan siap untuk dimakan.

7. Ikan meningkatkan perkembangan otak anak

Ikan memiliki banyak manfaat, ikan kaya akan protein dan vitamin B, rendah lemak, dan mudah dicerna oleh anak-anak. Ikan juga mengadung asam lemak omega-3 yang berperan dalam meningkatkan perkembangan otak, memperbaiki penglihatan, mencegah, depresi, dan menjaga jantung tetap sehat.

Hindari ikan-ikan yang memiliki kadar merkuri tinggi pada anak karena dapat menyebabkan gangguan pada sistem saraf.

Baca Juga: Makanan Sehat untuk meningkatkan pasokan air susu ibu

Itulah beberapa makanan yang baik dikonsumsi untuk anak-anak. Sudah sepatutnya sebagai orang tua mencukupkan nutrisi yang masuk kedalam tubuh anak, hindari makanan cepat saji demi kebaikan mereka. Walaupun mereka menyukainya, ingatlah bahwa makanan dengan lemak, garam, dan gula yang tinggi menyebabkan obesitas di masa kecil.

Beberapa makanan yang perlu dihindari yaitu, cokelat, kue, dan berbagai macam jenis permen. Selain itu, makanan yang mengandung banyak minyak dan bumbu seperti gorengan dan snack perlu dijauhkan dari anak-anak.

Jangan lupa bagikan artikel ini ya!

Berikan pendapatmu tentang artikel ini

Notification
Ini adalah popup notifikasi.
Done