Cara Mendapatkan Tidur Siang yang Berkualitas - Seroz Media

Cara Mendapatkan Tidur Siang yang Berkualitas

tidur siang berkualitas

Kebiasaan tidur siang pada umumnya hanya dilakukan oleh anak-anak. Selain baik untuk kesehatan otak anak, aktivitasnya juga tak sepadat orang dewasa.

Kebetuhan akan tidur berbeda-beda berdasarkan kelompok usia, semakin dewasa kebutuhan akan tidur biasanya mulai berkurang. Usia remaja seperti 14-17 tahun setidaknya tidur selama 8 jam sehari dan setelah memasuki umur 22 tahun, tidur selama 7 jam sehari dirasa cukup untuk memulihkan tubuh.

Aktivitas sehari-hari sering menyebabkan banyak orang tidak dapat melakukan tidur siang. Tuntutan kerja dan jam aktif perusahaan adalah alasan mengapa tidak melakukan tidur siang.

Padahal tidur siang memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Tidak hanya bagian dari istirahat, tidur siang dapat membangkitkan semangat beraktivitas. Selain itu, tidur siang memiliki beberapa manfaat yaitu, sebagai sarana relaksasi dan meningkatkan konsentrasi.

Setiap orang memiliki masalah masing-masing tentang tidur mereka, ada yang tidak bisa tidur pada malam hari atau kita biasa menyebutnya insomnia, ada juga yang membutuhkan jam tidur lebih lama dari orang biasa atau hypersomnia. Kedua masalah tersebut memiliki solusi yang sama yaitu, tidur siang.

Tentu untuk memaksimalkan waktu rehat, Anda membutuhkan tidur siang yang berkualitas. Namun, tidak mudah untuk melakukan tidur siang bagi mereka yang tidak biasa melakukannya. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk mendapatkan tidur siang berkualitas.

Mengatur Ritme Tidur

Setiap orang bisa dipastikan memiliki ritme sirkadian atau ritme tidur. Ritme tidur tersebut biasanya berperan dalam mengatur waktu jam tidur Anda. Itulah yang menyebabkan orang-orang memiliki keinginan untuk tidur pada jam yang sama setiap harinya.

Menurut beberapa penelitian, waktu tidur siang yang baik adalah pada pukul 1-3 siang. Jadi, biasakan pada diri Anda untuk tidur pada waktu-waktu tersebut sehingga seterusnya diri Anda akan otomatis merasakan kantuk pada jam-jam tersebut.

Jangan Tidur Terlalu Lama

Tidur siang terlalu lama juga tidak baik bagi tubuh dikarenakan tubuh akan mengalami sleep inertia atau perasaan linglung seperti pusing dan uring-uringan. Pada anak biasanya setelah bangun tidur siang akan menangis tanpa sebab dan pada orang dewasa marah tanpa alasan, itulah contoh efek dari tidur siang terlalu lama.

Buat Diri Anda Nyaman

Banyak alasan yang menyebabkan seseorang tidak ingin tidur siang. Sinar matahari terlalu terang dan keadaan sekitar terlalu berisik menjadi alasan umum yang dikatakan banyak orang. Oleh karena itu, buat diri Anda nyaman dengan sedikit perlengkapan tidur seperti penutup mata, penutup telingan, dan leher bantal.

Kosongkan Pikiran

Memiliki banyak pikiran menjadi penyebab sulitnya ingin tidur pada siang hari. Banyaknya pekerjaan kantor untuk pria dewasa dan banyaknya pekerjaan rumah untuk ibu rumah tangga adalah hal yang membuat resah sehingga berakibat pada kualitas tidur. Solusinya adalah dengan menenangkan diri sejenak dan berusaha melupakannya, kemudian berusahalah untuk tidur.

Minum Kopi Sebelum Tidur Siang

Kopi biasanya digunakan untuk menahan kantuk pada malam hari. Namun, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi kopi sebelum tidur siang.

Kafein pada kopi berfungsi setelah 20 menit diminum, artinya efek kafein dalam kopi dapat membuat Anda terbangun setelah itu. Tentunya hal tersebut bisa Anda jadikan sebagai alarm alami tubuh.

Walaupun demikian, meminum kopi sebelum tidur siang hanya diperuntukan bagi Anda yang hanya ingin membatasi waktu tidur siang. Apabila tidak ingin dibatasi, ada baiknya untuk tidak dikonsumsi.

lama tidur siang

Itulah beberapa hal yang dapat membantu Anda dalam mendapatkan tidur siang berkualitas. Mungkin tidak semuanya cocok dengan Anda, jadi silakan saja untuk Anda sesuaikan sendiri. Karena pada dasarnya kebutuhan untuk tidur siang setiap individu berbeda-beda.

Setelah mengetahui beberapa cara mendapatkan tidur siang berkualitas, ada baiknya bagi Anda untuk mengetahui berapa lama kebutuhan tidur pada siang hari. Berikut lama tidur siang yang sangat direkomendasikan.

Berapa waktu yang dibutuhkan untuk tidur siang?

Mengingat terdapat efek dari tidur siang yang terlalu lama, banyak yang menyarankan tidur siang tidak dilakukan lebih dari 30 menit.

National Sleep Foundation merekomendasikan tidur siang hanya dilakukan selama 20 hingga 30 menit.

Tidur siang ternyata memiliki fakta unik yaitu fase tidur siang. Penulis buku "Take a Nap, Change Your Life!" bernama Sara Mednick mengatakan tidur siang dibagi menjadi tiga fase, dimana masing-masing fase 30 menit.

Fase pertama dimana kondisi tubuh sedang memulihkan energi, menghilangkan rasa lelah dan membuat Anda semangat.

Fase kedua dimana otak mulai memproses ingatan dan informasi, hal inilah yang menyebabkan banyak orang mengatakan "tidur siang dapat membuat lebih pintar".

Fase ketiga adalah fase sempurna yaitu, tidur selama 90 menit. Fase dimana akan mengalami mimpi yang menandakan tidur Anda sudah benar-benar nyenyak. Menurut Sara saat Anda mencapai fase ini ,tidur Anda sudah bisa dikatakan berkualitas.

Mengingat informasi diatas kontradiksi yaitu pada pernyataan jangan tidur siang terlalu lama dengan pernyataan tidur siang 90 menit adalah fase tidur siang berkualitas, maka penulis mengambil kesimpulan sebagai berikut.

Setiap individu memiliki kebutuhan tidur yang berbeda dan setiap kelompok umur juga memiliki kebutuhan tidur yang berbeda. Jadi, entah itu 30 menit atau 90 menit, silakan sesuaikan dengan usia dan kebutuhan.

Jangan lupa bagikan artikel ini ya!

Berikan pendapatmu tentang artikel ini

Notification
Ini adalah popup notifikasi.
Done