Terlalu Lama Menggunakan Smartphone, Atasi Sakit Leher dengan Cara Seperti Ini - Seroz Media

Terlalu Lama Menggunakan Smartphone, Atasi Sakit Leher dengan Cara Seperti Ini

Sakit pada bagian leher merupakan salah satu hal yang paling mengganggu banyak orang. Aktivitas di luar maupun di dalam rumah menjadi terganggu karena rasa nyeri tersebut.

Sakit leher bisa disebabkan oleh banyak hal, beberapa diantaranya yaitu, beraktivitas dengan postur tubuh salah dalam jangka waktu yang lama, cedera serius akibat kecelakaan, dan keseleo pada bagian otot leher.

Gaya hidup yang salah menjadi salah satu faktor utama terjadinya sakit leher. Semenjak munculnya ponsel pintar, gaya hidup manusia menjadi banyak berubah. Tidak hanya dalam segi positif, ponsel pintar atau smartphone juga berpengaruh negatif.

Akibat posisi yang salah saat menggunakan smartphone, menimbulkan sebuah penyakit yang biasa disebut tech neck. Tech Neck adalah rasa nyeri juga kaku pada leher bagian belakang, penyebabnya adalah postur tubuh dengan kepala menunduk, bahu dan punggung membungkuk, dan mata yang melihat smartphone dalam waktu lama. Tentu posisi tersebut bukanlah postur yang baik bagi tubuh dan apabila dilakukan secara terus-menurus berdampak tidak baik bagi tubuh.

Menjaga postur tubuh tetap baik adalah cara terbaik terhindar dari leher yang sakit. Postur bukan hanya tentang estetika, tetapi juga menjaga seluruh tubuh berfungsi normal. Para ahli mengatakan bahwa postur memiliki peran penting dalam kesehatan fisik dan psikologis. Postur yang buruk dapat menyebabkan gangguan pernapasan diikuti dengan sulitnya menggerakan kepala.

Selain itu, postur yang buruk sering dikaitkan dengan suasana hati yang buruk. Seorang Profesor dari San Francisco State University bernama Erik Peper mengatakan jika orang memiliki riwayat depresi, menunduk akan mengakibatkan rasa keputusasaan kembali dalam ingatannya.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut cara mengatasi sakit leher.
mengatasi sakit leher

Cara Mengatasi Sakit Leher

1. Mengatasi leher kaku dengan cara menghindari penggunaan bantal yang terlalu tinggi dan keras.
2. Meregangkan otot leher yang tegang dengan cara memutarkan leher ke atas dan ke bawah juga ke samping.
3. Melakukan pijatan pada bagian leher dapat membuat Anda rileks.
4. Terapi ke dokter apabila rasa nyeri pada bagian leher semakin parah.

Selain itu, perlu adanya kebiasaan yang baru untuk menjaga postur tubuh tetap baik. Berikut cara menjaga postur tubuh untuk Anda yang sering menggunakan smartphone.

Memperbaiki Postur Tubuh

Seorang profesor terapi fisik di New York University bernama Marylin Moffat mengatakan bahwa risiko akibat postur tubuh yang buruk dapat diatasi dengan berjalan cepat atau setidaknya berdiri selama 20-30 menit.

Selain itu untuk menghindari kaku otot, gerakan seperti mendayung dapat dilakukan untuk melatih otot bahu dan punggung.

Baca Juga: Makanan Sehat untuk Membantu Tumbuh Kembang Anak

Kesimpulan

Sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik bagi tubuh Anda, termasuk bermain smartphone terlalu lama. Postur tubuh yang buruk ketika bermain smartphone dapat menjadi masalah dikemudian hari. Tidak hanya sakit pada bagian leher, postur tubuh Anda menjadi terlihat jelek karena kebiasaan membungkuk. Oleh karena itu, perlu adanya tindakan untuk terhindar dari leher yang sakit serta postur tubuh yang buruk. Anda bisa pergi ke dokter terapi sebagai pilihan terbaik mengatasinya.

Jangan lupa bagikan artikel ini ya!

Berikan pendapatmu tentang artikel ini

Notification
Ini adalah popup notifikasi.
Done